Selasa, 12 Februari 2013

“Al-Ray”, Kantor Berita Resmi Pemerintah HAMAS


info.kopp-verlag.de
Gerakan Islam Hamas, Senin (11/2) mengumumkan telah mendirikan kantor beritanya sendiri. Agensi berita itu diberi nama Al-Ray (Opini).
“Kantor berita resmi pertama dari pemerintah (Hamas) telah didirikan dengan nama Agensi Al-Ray, di bawah pengawasan kantor informasi pemerintah,” kata Salameh Maaruf, direktur Al-Ray kepada AFP sebagaimana dikutip alarabiya.net.
Menurut Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniyah, keberadaan Al-Ray akan menjadi sumber informasi penting, yang akan mengabarkan kegiatan pemerintah, siaran berita, dan surat dari PM di Gaza.

“Badan ini bersifat independen dalam hal personil dan administrasi, tetapi kantor informasi pemerintah akan bertanggung jawab untuk mengawasi hal itu,” ujar PM Haniyah.
Al-Ray diluncurkan dengan 15 wartawan awal dengan fokus pada masalah Palestina, Arab, dan berita internasional yang berkaitan. Nantinya, masyarakat juga berkesempatan untuk mengirimkan “saran dan keluhan” yang bisa diteruskan ke departemen pemerintah terkait.
Maaruf mengatakan meskipun badan baru ini merupakan bentukan pemerintah Hamas di Gaza, Al-Ray juga akan membawa sudut pandang lainnya termasuk Fatah. Fatah merupakan kelompok yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas.
Selain Al-Ray, sebelumnya telah ada kantor berita yang beroperasi di Gaza, seperti Safa yang diluncurkan tahun 2007 silam. Safa yang cukup dekat dengan Hamas ini juga memiliki Al-Aqsa TV Gaza.
Sedangkan Fatah, juga memiliki kantor berita sendiri yaitu WAFA, yang telah berusia 40 tahun. Kantor WAFA di Gaza sempat ditutup Hamas pada tahun 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar