Jumat, 01 Februari 2013

Hidayat Beberkan Sumber Dana PKS


Jumat, 01/02/2013 18:16 WIB


Danu Damarjati - detikNews
Hidayat Nurwahid
Jakarta - Ketua FPKS DPR Hidayat Nurwahid membeberkan sumber dana PKS selama ini. Sumber dananya dari iuran anggota DPR hingga hibah dari perorangan atau partai.

"Dari iuran anggota DPR dan DPRD, iuran Rp 20 juta. Dari gaji kita, Rp 20 jutanya kita iuran di partai, minimal. Dan Rp 2 juta di fraksi," kata Hidayat.

Hal ini disampaikan Hidayat kepada wartawan di Kantor DPP PKS di Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2013).

Selain itu anggota PKS yang duduk di posisi penting juga diwajibkan iuran. "Besarnya variatif, tergantung anggotanya, sekitar 4 persen dari penghasilan bersih," katanya.

Selain itu PKS juga menerima hibah dari perseorangan maupun lembaga. Namun Hidayat enggan merinci jumlahnya.

"Tentu dalam UU Parpol boleh menerima hibah dari perseorangan dan partai. Normatif itulah sumber keuangan partai," ujarnya.

Hidayat menuturkan, partainya berupaya menjaga kadernya tidak korupsi. Namun bagaimanapun PKS tak bisa memastikan anggotanya tak lalai.

"Kami manusia, kami bukan malaikat. Kami mengatakan partai bersih adalah partai yang bersih, dinamika, kami komitmen mencegah korupsi. Inilah yang kami khawatirkan bahwa ini ada konspirasi, seolah-olah bahwa PKS adalah partai yang korup," kata Hidayat.

Lalu siapa yang dimaksud Hidayat melakukan konspirasi? "Itu panjang nanti kalau debat, tapi kami tetap komitmen untuk menjadi partai yang memberantas korupsi. Kami tetep yang bersih," tegasnya.

(van/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar