Kamis, 21 Februari 2013

[Pilkada Jabar] Pesan Pamungkas Para Kandidat

OPINI | 21 February 2013 | 17:29
Anda masih ingat pesan pamungkas para kandidat Gub/Wgub Jabar di Bandung Convention Centre (BCC), Jalan Soekarno-Hatta, Bandung!? Silahkan baca ulang ringkasannya pada suplemen (di bawah) atau meluncur ke Kompas.com
Agaknya, para kandidat, yang memberikan pesan pamungkas, sama-sama mempunyai tingkat PD dan kemenangan yang tinggi. Semua pasangan optimis (akan) menjadi pilihan rakyat Jabar. Empat pasangan masih menebar janji, jika mereka terpilih maka, akan ini dan itu; mereka masih menawarkan janji-janji manis yang sedap didengar.
Pasangan kelima (Rieke - Teten), hampir sama dengan keempat pasangan sebelumnya, namun ada kelebihannya. Kelebihan mereka adalah, menunjukan diri bahwa mereka (berdua) tak bisa berjuang dan membangun Jabar tanpa dukungan masyarakat Jabar. Bagi mereka, membangun Jabara adalah suatu proses perjuangan, oleh sebab itu, Rieke pun berkata, “ …. mari berjuang bersama membangun Jawa Barat menjadi lebih baik.”
Karena merupakan perjuangan, namun suarau dan mandat tersebut ada pada rakyat Jabar; rakyat Jabar yang mempunyai hak memilih. Karena itu, Rieke, memohon ke/pada rakyat Jabara agar, ” …. berilah kami kesempatan, berilah kami kepercayaan;” dan jika kesempatan dan kepercayaan tersebut ada (tercapai) pada pundak mereka maka, merela akan mengembalikan hak-hak rakyat Jabar yang selama ini telah dihilangkan.
Ungkapan penuh kerendahan hati dan mersa tak bisa berjuang sendiri itulah, yang patut diapresiasi. Walau mereka populer, dan mendapat bantuan Jokowi dalam kampanye, namun tak menujukan bahwa jabatan (yang sekiranya didapat) bukan merupakan kuasa dan kekuasaan terhadap rakyat, melainkan perjuangan. Oleh seba itu, dengan lugas Rieke berkata, “Bantulah perjuangan kami untuk sebuah pemerintahan yang tidak mendiskriminasi rakyat dalam bentuk apa pun. Kita akan berjuang bersama untuk mewujudkan Jabar baru, Jabar bersih.”
Selamat Memilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar