Minggu, 17 Februari 2013

PKS Kota Manado Terjun Membantu Pengungsi Korban Banjir dan Tanah Longsor


kompas.com
Banjir dan tanah longsor yang telah memporak-porandakan Kota Manado menyebabkan 12 orang meninggal dunia dan ribuan warga untuk sementara tidak dapat menghuni rumah mereka. Banjir ini disebabkan hujan yang turun sejak Sabtu siang hingga Ahad pagi, 17/02.
Sebagian warga tidak bisa menyelamatkan sama sekali harta benda mereka, hingga mengharuskan mereka mengungsi di beberapa tempat.
Untuk membantu para pengungsi, Tim Relawan Bencana  PKS Kota Manado turut serta dalam tanggap darurat banjir bersama elemen masyarakat lain dan pemerintah daerah.

“Hingga saat ini kami sudah mendirikan dapur umum di Kelurahan Tanjung, Komo Luar, Mahawu dan Dendengan Dalam, karna memang warga sangat membutuhkan makanan jadi,” ujar koordinator Relawan Bencana PKS Kota Manado, Zainul.
“Selain makanan jadi, warga juga sangat membutuhkan pakaian layak pakai, sebab saat banjir sebagian mereka tidak dapat menyelamatkan apapun dari rumah mereka,”  ungkapnya.
Tim Relawan Bencana PKS Kota Manado membuka 6 posko bantuan, yakni di kantor DPD PKS Manado di Tuminting, posko di Mahawu, Karame, Banjer, Paal 2, dan kampung Argentina.
Menurut anggota Kepanduan PKS Kota Manado, Danang Purwo, kondisi banjir terparah dialami warga di daerah Karame, dimana lokasinya yang berdekatan dengan sungai menyebabkan rumah-rumah terendam air hingga warga harus mengungsi dan mendirikan tenda di jalan-jalan.
Dilaporkan bahwa PKS Kota Manado menginstruksikan tiap kadernya untuk memberikan nasi bungkus untuk konsumsi para pengungsi. Masing-masing kader diwajibkan menyumbangkan minimal 10 bungkus nasi bungkus sejak hari Ahad.
Zainul mengharapkan agar masyarakat Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya dapat membantu penanganan bencana banjir ini.
“Di tengah keterbatasan, kami akan terus berupaya membantu warga korban banjir, karenanya kami sangat mengharapkan juga partisipasi dari kader dan simpatisan PKS atau siapapun yang tergerak hatinya untuk membantu.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar