Selasa, 12 Februari 2013

Sastra Indonesia Mendunia, “Laskar Pelangi” Tembus International Best Seller


vivanews/Muhammad Solihin
Satu lagi karya anak negeri sukses mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Adalah Andrea Hirata, dengan karya fenomenalnya “Laskar Pelangi” berhasil menjadi best seller di tingkat dunia.
“Ini buku Indonesia pertama yang tercetak International Best Seller,” kata Andrea sembari menunjukkan sebuah buku bertuliskan namanya, dengan judul “Gokkusagi Askerleri” di Daily Coffee Shop, Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Senin (11/2).
“Gokkusagi Askerleri” adalah versi bahasa Turki dari Laskar Pelangi. Andrea mengatakan dengan yakin, bahwa ketika seorang penerbit mencantum label International Best Seller, maka integritas penerbit itu akan dipertaruhkan. Karenanya, sekedar mencantumkan tiga kata yang membanggakan itu perlu sebuah perjuangan.

“Di luar, penerbit ada aturannya kalau mau cantumkan International Best Seller,” ujar Andrea yang gemar tampil bertopi.
Andrea mengatakan, setiap penerbit biasanya akan melakukan berbagai pengamatan terlebih dahulu sebelum menyandang International Best Seller. Salah satu aturan untuk meraih gelar itu adalah buku itu harus terbit dan tersebar di 50 negara di dunia. “Selain itu juga harus menjadi best seller di 80% daerahnya,” ujar pria asal Belitong itu.
Dengan karyanya ini, Andrea telah membuka pintu sastra Indonesia menuju dunia internasional. Laskar Pelangi telah diterjemahkan di berbagai negara. Di Jerman, penerbit Hanser-Berlin menerbitkannya dengan judul “Die Regenbogen Truppe”. Sementara di Australia dan Selandia Baru menyematkan judul “The Rainbow Troops”. Dan masih banyak lagi versi Laskar Pelangi dalam banyak bahasa asing lainnya.
Hingga saat ini, buku Laskar Pelangi telah diterbitkan di 33 negara di dunia, dan masih akan terus bertambah. “Tahun 2013 ini akan ada 46 lagi negara yang menerbitkan Laskar Pelangi. Jadi tahun ini jumlahnya akan genap 79 negara,” papar Andrea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar