Selasa, 05 Maret 2013

48 Tentara Suriah Tewas Diserang Kelompok Bersenjata di Perbatasan Irak


Ilustrasi (AFP)
Baghdad - Sekelompok pria bersenjata dari Suriah menyusup ke wilayah Irak dan melakukan serangan di wilayah Irak bagian barat, yang berbatasan langsung Suriah. Serangan ini menewaskan 48 tentara pro-pemerintah Suriah yang sedang melintasi perbatasan. Sebanyak 9 tentara Irak juga tewas.

Tentara-tentara Suriah tersebut dalam keadaan tak bersenjata saat serangan terjadi di Provinsi Anbar, Irak pada Senin (4/3) waktu setempat. Serangan ini terjadi tepat sehari setelah kelompok oposisi Suriah menuding Irak melakukan intervensi dalam konflik Suriah.

"Hal ini semakin memperkuat kekhawatiran kita bahwa ada usaha untuk memindahkan konflik ke Irak, tapi kita akan menghadapi usaha-usaha semacam ini dengan segenap kemampuan kita," ujar Ali Mussawi yang merupakan juru bicara Perdana Menteri Irak, Nuri al-Maliki, seperti dilansir AFP, Selasa (5/3/2013).

Secara terpisah, Kementerian Pertahanan Irak menyatakan, serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris dari Suriah yang menyusup ke dalam wilayah Irak. Menurut Kementerian Pertahanan Irak, serangan ini menewaskan 48 tentara Suriah dan 9 tentara Irak yang berjaga di perbatasan.

Otoritas Irak menuturkan, sejumlah tentara Suriah yang terluka dalam konflik di negara mereka sengaja melarikan diri ke wilayah Irak untuk mendapat perawatan medis. Mereka yang kebanyakan tidak membawa senjata ini, kemudian diangkut kembali ke wilayah Suriah melalui jalur darat melintasi perbatasan Al-Walid.

Namun ternyata momen ini dimanfaatkan oleh sekelompok pemberontak Suriah untuk melakukan serangan. Otoritas Irak pun mengutuk keras serangan yang disebut melawan kedaulatan Irak ini.

"Sebuah serangan yang melawan kedaulatan Irak, baik terhadap wilayah maupun martabat negara ini, jelas-jelas merupakan pelanggaran HAM karena mereka menyerang para tentara yang terluka dan tak bersenjata," tegas Kementerian Pertahanan Irak dalam pernyataannya.

Otoritas Irak pun mengeluarkan peringatan bagi seluruh pihak di Suriah, untuk tidak memindahkan konflik atau memperluas konflik di negaranya hingga ke wilayah Irak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar