Selasa, 12 Februari 2013

20 Orang Perusuh di Istana Presiden Mesir Ditangkap

Photo © REUTERS / Asmaa Waguih
Polisi anti huru-hara Mesir bersiaga di sekeliling istana presiden menyusul bentrokan antara demonstran dan pasukan keamanan yang menewaskan satu orang dan melukai puluhan lainnya.
Petugas medis mengatakan seorang pemuda 23 tahun tewas karena luka tembak di Kairo Jumat malam lalu setelah polisi menembakkan birdshot pada demonstran, yang berusaha menggulingkan presiden.
Seorang pejabat medis senior mengatakan 53 orang juga terluka, sementara Kementerian Dalam Negeri mengatakan 15 orang yang terluka akibat birdshot., sementara Polisi juga mengatakan mereka menangkap 20 orang.
Bentrokan meletus di luar istana presiden pada hari Jumat setelah demonstran menyerang tempat lainnya dengan batu dan bom molotov.
Pasukan keamanan memblokir sebagian besar jalan dengan dinding beton demi mencegah pengunjuk rasa mendekati kantor pemerintahan.
Sebelumnya, presiden mengatakan pasukan keamanan akan berurusan dengan “ketegasan maksimal” atas protes kekerasan dan bahwa pihaknya akan menminta kelompok oposisi yang ditemukan telah menghasut bentrokan untuk “bertanggung jawab secara politis”
Presiden Mohamed Morsi mengatakan demonstran telah mencoba untuk memecah gerbang Istana Kepresidenan dan skala dinding dan menuntut agar kelompok-kelompok oposisi mencela kekerasan dan menyerukan para pengikutnya untuk mundur.
Pada hari Jumat, ada juga demonstrasi di beberapa kota-kota besar lain di Mesir, dengan pengunjuk rasa yang menuduh Morsi memonopoli kekuasaan dan mengkhianati cita-cita revolusi 2011 yang menggulingkan mantan diktator Hosni Mubarak.
Para pengunjuk rasa di Port Said marah bahwa orang-orang dari kota mereka dinyatakan bersalah membunuh 74 orang, yang tewas dalam kerusuhan yang pecah di kota mereka setelah Al-Masry Al-Ahly yang berbasis di Port Said mengalahkan 3-1 Kairo dalam pertandingan sepak bola.
Pada tanggal 27 Januari, seorang hakim memvonis mati 21 orang lokal karena peran mereka dalam kerusuhan 1 Februari 2012, di mana 1.000 orang juga terluka.
Para pejabat mengatakan lebih dari 50 orang telah terluka di seluruh negeri, terutama di Kairo. dpc pks pariaman selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar